PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. File PHP terdiri dari teks, tag dan skrip HTML. File PHP ini nantinya akan dikirimkan ke browser sebagai plain HTML. File PHP dapat berektensi ".php", ".php3", or ".phtml"

Sintaks dasar PHP
Skrip PHP selalu ditulis pada pasangan tag . sebuah blok skrip PHP dapat diletakan dimana saja pada file HTML.
Skrip PHP dapat juga ditulis pada pasangan tag .
?>
Program1.php
echo "Hello World";
?>
Echo digunakan untuk menulis teks/string ke browser.


Statement
Statement adalah satuan perintah dalam PHP. Statement harus diakhiri dengan tanda semicolon/titik-koma (;).
Contoh statement :
echo(“Selamat Belajar PHP di EEPIS”);
Contoh lainnya :
echo(“7 + 5 = ” . 7+5);

Komentar
Dalam PHP, kita menggunakan // untuk komentar satu baris, dan pasangan /* dan */ komentar yang lebih dari satu baris sedangkan # juga merupakan cara memberikan komentar pada PHP.
Program2.php
//This is a comment
/*
This is a comment
block
*/
?>
Program3.php
echo(“Hallo apakabar? Nama saya PHP script”);
?>

Kelebihan array pada PHP
array adalah variabel yang ditumpuk-tumpuk. Katakan kita punya 3 variabel: A, B dan C. Kita bisa gabungkan 3 variabel tadi menjadi 1 array, katakanlah array Q. Jadi sekarang Q adalah sebuah array dengan 3 variabel didalamnya yaitu Q(0), Q(1), Q(2). Q(0) itu adalah jelmaan dari A, Q(1) adalah jelmaan dari B, Q(2) adalah jelmaan dari C.
kelebihan :
  1. Elemen sebuah array bisa bercampur aduk. Misalkan untuk elemen 0 isinya integer, elemen 1 isinya string, elemen 2 isinya array… di php itu bisa dilakukan. Dan bukan cuma nilai elemennya yang bisa beda-beda, tapi nama elemennya juga bisa beda-beda loh.
  2. Jumlah elemen dalam sebuah array tidak perlu didefinisikan diawal. Jadi kita bisa kapan saja menambah sebuah elemen baru atau menghapus elemen lama dalam sebuah array. Jadi array dalam PHP sudah bisa menjadi sebuah queue, atau stack atau hash table.
  3. PHP menyediakan banyak fungsi untuk memanipulasi array. Ada sorting, filtering, iteration, semua ada.

Contoh :
print_r() adalah sebuah fungsi untuk menampilkan isi sebuah array. Dalam contoh-1 diatas, kita tidak melakukan inisialisasi array seperti $a = array(). Tapi bisa langsung mengisi sebuah elemen baru pada array. $a[] = ‘a’; artinya kita menambahkan sebuah nilai ‘a’ bertipe string ke dalam array $a. PHP akan secara otomatis membuatkan sebuah index baru untuk elemen ini. Index dibuat berurutan. Jadi $a[] = ‘a’; maka hasilnya adalah $a[0] = ‘a’. Selanjutnya $a[] = ‘b’; maka hasilnya adalah  $a[1] = ‘b’. Mari kita gabungkan elemen dengan tipe dan nama yang berbeda $a['oya'] = 12345; Selanjut kita tambahkan lagi elemen baru.
Dengan perintah print_r ($a)

 






Element – element dasar PHP
1.    Karakter : berupa huruf, sebuah angka tunggal, sebuah spasi, tanda control.
Seperti : carriage return (\r), atau symbol (+,?,&,…..)
2.  Pengenal : digunakan untuk memberi nama variable, fungsi atau kelas. Aturan penamaan pengenal sebagai berikut :
     - karakter yang dapat digunakan adalah huruf, angka atau garis bawah.
     - karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah.
     - panjang pengenal bisa berapa saja.
- huruf kecil dan besar dibedakan kecuali fungsi – fungsi yang tersedia pada PHP (seperti print, PRINT dianggap sama oleh PHP)
            3. Tipe data
Ada 3 macam integer :
-          Integer : bilangan bulat anatara 2 milyar hingga +2 milyar.
-          Double : tipe data bilangan real atau titik mengambang bilangan yang mempunyai bagian pecahan.
-          String : tipe data teks.
-          Boolean
-          float
4. Konstanta
Merupakan variable konstan yang nilainya tidak berubah – ubah. Untuk mendefinisikan konstanta dalam PHP menggunakan fungsi define().
     Contoh :
     Print(“Hallo!”);
     Hallo adalah konstanta string.
5. Variabel
Untuk menyimpan nilai yang beruabah – ubah. Ditulis dengan awalan $. Panjangnya tidak terbatas. Setelah tanda $ diawali oleh huruf atau under score(_). Karakter berikutnya bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter tertentu yang diperbolehkan. Bersifat case-sensitive. Tidak perlu dideklarasikan dan tidak boleh mengandung spasi.
6. Operator
Simbol yang digunakan untuk melakukan operasi, seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, pembandingan kesamaan dua buah nilai, atau memberi nilai ke variable. Nilai yang dioperasikan operator bersama – sama operator membentuk ekspresi (ungkapan).
     2+3*4
Disebut ekspresi, karena tanda + dan * disebut operator, sedangkan 2,3,4 adalah operand atau argument.

Categories:

Leave a Reply