BIOS atau Basic Input / Output System adalah pengendali dasar yang memungkinkan semua komponen yang membentuk sistem komputer untuk berbicara satu sama lain. Tapi agar ini terjadi, ada beberapa hal bahwa BIOS perlu tahu bagaimana melakukannya. Inilah sebabnya mengapa setting dalam BIOS sangat penting untuk pengoperasian sistem komputer. Selama sekitar 95% dari pengguna komputer di luar sana, mereka tidak akan pernah perlu menyesuaikan pengaturan BIOS dari komputer mereka. Namun, mereka yang telah memilih untuk membangun sistem komputer mereka sendiri perlu tahu bagaimana memodifikasi pengaturan.

Cara setting bios komputer
Beberapa hal penting yang perlu tahu adalah pengaturan jam, memori waktu, urutan boot dan pengaturan drive. Untungnya BIOS komputer telah datang jauh dalam sepuluh tahun terakhir di mana banyak dari pengaturan ini adalah kebutuhan otomatis dan sangat sedikit untuk disesuaikan.

Mengakses BIOS
Metode untuk mengakses BIOS akan menjadi tergantung pada produsen motherboard dan vendor BIOS mereka telah dipilih. Proses sebenarnya untuk sampai ke BIOS adalah identik, hanya kunci yang perlu ditekan akan bervariasi. Penting untuk memiliki manual untuk motherboard berguna setiap kali perubahan akan dilakukan untuk BIOS.
Langkah pertama adalah untuk mencari apa kunci yang perlu ditekan untuk masuk ke BIOS. Beberapa tombol yang umum digunakan untuk mengakses BIOS F1, F2 dan tombol Del. Umumnya motherboard akan posting informasi ini ketika komputer pertama menyala, tetapi yang terbaik adalah mencarinya sebelum tangan. Selanjutnya, daya pada sistem komputer dan tekan tombol untuk masuk ke BIOS setelah beep untuk POST bersih ditandai. Saya akan sering tekan tombol beberapa kali untuk memastikan itu terdaftar. Jika prosedur telah dilakukan dengan benar, layar BIOS harus ditampilkan bukan layar boot khas.

CPU Clock
Pengaturan pertama yang perlu dibuat di BIOS adalah untuk menyesuaikan motherboard untuk memanfaatkan pengaturan jam yang tepat untuk CPU yang terpasang di komputer. Paling modern BIOS vendor dapat mendeteksi jenis CPU dan secara otomatis mengatur timing yang tepat. Lihat dokumentasi dari CPU dan vendor motherboard untuk pengaturan yang tepat.
Kecepatan CPU terdiri dari dua angka, kecepatan bus dan pengganda. Bus kecepatan adalah bagian sulit karena vendor mungkin memiliki pengaturan ini dilakukan baik pada clock rate alam atau pada tingkat clock ditingkatkan. Bus depan alami sisi adalah lebih umum dari dua. Pengganda tersebut kemudian digunakan untuk menentukan kecepatan clock akhir berdasarkan kecepatan bus dari prosesor. Set ini ke beberapa sesuai untuk kecepatan clock akhir dari prosesor.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki AMD Athlon XP 2500 + prosesor yang memiliki kecepatan CPU 1.82GHz jam, pengaturan yang tepat untuk BIOS akan menjadi kecepatan bus 166MHz dan multiplier 11. (166MHz x 11 = 1,826 GHz).

Categories:

Leave a Reply