CALIFORNIA - Para ilmuwan telah mengidentifikasi malware pertama yang dibangun khusus dibangun untuk menyerang kerentanan di OS Android 2.3 atau Gingerbread.

Seperti yang dikutip dari Techworld, Kamis (25/8/2011), para peneliti menemukan malware tersebut berada di dalam sebuah aplikasi resmi yang diunduh melalui situs China.

Sebelumnya beberapa ancaman telah ditemukan untuk Android, seperti DroidDream dan DroidDream Light, yang menyerang Android versi lama namun belum bisa menyerang Android 2.3.

Xuxian Jiang, seorang asisten profesor ilmu komputer di North Carolina State University, bersama dengan timnya yang bekerja di NetQin Mobile Security menemukan sebuah malware yang mampu menyerang Android 2.3. Jiang sendiri memberi nama malware tersebut sebagai 'GingerMaster'

Seperti rata-rata malware Android lainnya, GingerMaster bersembunyi di balik aplikasi yang sudah diserang hacker. Aplikasi yang sudah diserang hacker tersebut biasanya dimasukkan malware ke dalamnya, untuk kemudian diunggah kembali di toko-toko aplikasi populer.

Meskipun beberapa aplikasi yang terinfeski telah berhasil masuk ke Android Market, tapi mayoritas penyebaran malware tersebut masih melalui berbagai situs-situs tidak resmi.

Jiang menekankan bahwa malware terbaru Android ini merupakan ancaman yang cukup serius. "Karena GingerMaster adalah ancaman paling berbahaya bagi Android 2.3 saat ini, maka pengguna harus memperhatikan benar keamanan lokasi tempat pengunduhan aplikasi," pungkasnya.

Categories:

Leave a Reply