CALIFORNIA - Peta perusahaan smartphone telah berubah setelah Google secara mengejutkan mengakuisisi Motorola Mobility. Kabar lain menyebutkan, Samsung dan Microsoft tengah bersaing untuk membeli Research In Motion (RIM) yang merupakan produsen BlackBerry.

Menurut prediksi analisis Stewart Capital Malcolm Polley dengan Google mendapatkan bisnis handset Motorola, RIM kini dapat menarik minat dari Samsung Electronics dan Microsoft. Apalagi dengan akuisisi RIM tersebut pembeli akan mendapatkan pembuat ponsel pintar yang masih dominan di kalangan klien korporat, menjalankan sistem operasi sendiri dan menawarkan keamanan yang lebih besar dengan server e-mail sendiri.

"Ini memberi skala pengakuisisi potensial dan berbagi dalam pasar yang cepat yang didominasi oleh Google dan Apple," kata Malcolm Polley, seperti dilansir melalui Sf Gate, Selasa (23/8/2011).

"Membeli RIM masuk akal untuk Samsung karena Google tiba-tiba telah menjadi pesaing," katanya memprediksi.

Titus Kim, juru bicara Samsung, menolak untuk mengomentari apakah akan mempertimbangkan membeli RIM.  Sementara Peter Wootton, juru bicara Microsoft, mengatakan perusahaan tidak mengomentari rumor atau spekulasi. Marisa Conway, juru bicara di RIM, juga mengatakan tidak mengomentari rumor atau spekulasi.

Saham RIM sendiri sempat naik 8,1 persen pekan lalu meski sempat terjungkal setelah iPhone keluaran Apple Inc dan platform Android keluaran Google memakan pangsa pasarnya. Nilai RIM sendiri saat ini sekitar USD13,5 miliar.

Categories:

Leave a Reply